Home » Berita Lucu » Beberapa Kesesatan Ilmiah Seputar Dunia Kedokteran Dalam Sinetron

Beberapa Kesesatan Ilmiah Seputar Dunia Kedokteran Dalam Sinetron

Inilah beberapa kesesatan ilmiah seputar dunia kedokteran dalam sinetron:

1. Amnesia.
Gara2 kepala terbentur, tiba2 ingatan jadi hilang, tetapi fungsi gerak tubuh dan kesadaran masih baik.
Secara ilmiah, hal ini tidak mungkin terjadi. Amnesia akibat benturan biasanya hanya sementara kemudian akan pulih dgn sendirinya. Jika pun terjadi berkepanjangan atau bahkan permanen, maka pasti akan disertai gangguan kesadaran lainnya dan atau kelumpuhan/gangguan neurologis lainnya.

2. Ingatan menjadi pulih setelah terbentur untuk kedua kalinya. Hal ini lebih tidak mungkin lagi.

3. Henti jantung = alat kejut jantung/defibrilator.
Pemahaman ini keliru. Alat kejut jantung justru bertujuan untuk menghentikan denyut jantung, agar kemudian dapat dilakukan Resusitasi Jantung Paru utk merangsang denyut jantung yg normal. Alat ini hanya digunakan jika terjadi gangguan irama jantung, seperti fibrilasi ventrikel.

4. Orang tenggelam = Bantuan napas.
Hal ini juga perlu diluruskan. Orang yg habis tenggelam belum tentu harus diberi bantuan napas. Bantuan napas hanya diberikan jika terjadi henti napas.

5. Perut dipukul langsung muntah darah. Hal ini tidak mungkin terjadi karena lambung tidak berisi darah, melainkan cairan asam lambung dan makanan. Kecuali kalo yg dipukul baru saja meminum darah sebanyak 1 liter.

6. Perut ditusuk atau tertembak, lantas tiba2 mulut terisi darah atau batuk darah. Hal ini tidak mungkin terjadi karena proses perdarahan tidak mungkin melawan gravitasi. Selain itu sistem pencernaan di perut sama sekali tidak memiliki hubungan dengan sistem pernapasan, sehingga darah tidak mungkin tiba2 mengalir dari perut menuju tenggorokan yg menyebabkan dia batuk.

Mari menjadi penonton yang cerdas. Salam sehat selalu.

Baca cerita lucu di emailmu GRATIS! Daftarkan emailmu di sini:

Komentar untuk artikel: Beberapa Kesesatan Ilmiah Seputar Dunia Kedokteran Dalam Sinetron